You are here
Home > Berita

29 Bangunan di Duren Sawit Dibongkar

JAKARTA – Sebanyak 29 bangunan semi permanen yang berdiri di sisi Jalan Radin Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur, di bongkar.

Pembongkaran puluhan bangunan di atas lahan seluas sekira 900 meter lantaran sengketa atas lahan itu dinyatakan inkracht atau berkekuatan hukum tetap berdasar keputusan Mahkamah Agung dengan nomor 11984 K/Pdt/2010 tertanggal 29 November 2010.

“Ini eksekusi atas perkara tanah. Lebih kurang seluas sekitar 900 meter. Putusan Mahkamah Agung sudah inkracht,” kata Amin, Wakil Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Timur kepada wartawan, Kamis (6/3/2014).


300 petugas gabungan dari Satpol PP dan Kepolisian diturunkan untuk mengeksekusi lahan tersebut pada Rabu 5 Maret 2014 kemarin. Proses eksekusi berjalan lancar dan tidak menemui perlawanan dari penyewa lahan. Mereka telah meninggalkan bangunan yang sebelumnya digunakan sebagai toko kelontong, rumah tinggal, kontrakan, dan lainnya tersebut.

“Tidak ada perlawanan. Kami sudah panggil dan sampaikan kepada para penyewa. Mereka juga sudah keluar sendiri. Semua upaya hukum sudah pernah dilaksanakan,” jelas Amin.

Kasubag Humas Polres Jakarta Timur, Kompol Sri Bhayakari, menuturkan, tanah tersebut milik seorang bernama Harapan Saragih lalu disewakan oleh orang lain bernama Ludin sehingga banyak yang menghuni. Akhirnya MA mengabulkan kasasi Harapan, sehingga lahan tersebut harus dieksekusi.

“Ada 30 keluarga yang menghuni di lahan itu. Sebelum eksekusi sudah ada sosialisasi dan para penghuni sudah diberikan uang kerohiman masing-masing sebesar Rp1 juta,” tutur Sri.

Sri menjelaskan, dari total 200 anggota Polres Jakarta Timur yang diterjunkan, terdapat sekira 10 anggota polisi wanita. Para Polwan ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Mereka bertugas sebagai negosiator, tapi tidak jadi karena para penghuni sudah pindah,” jelasnya.

Sumber: Okezone.com

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/r3z3X via sms/twitter/facebook.
Redaksi Duren Sawit
Tim Redaksi DurenSawit.com
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top