You are here

Agar baterai laptop awet, minimumkan Battery Wear!

Agar baterai laptop awet, minimumkan Battery Wear!

Mungkin banyak yang bertanya, apa itu battery wear? Istilah ini sebenarnya bukan istilah baru. Istilah ini dikenal sejak laptop modern mulai dibuat. Battery wear adalah sebuah bilangan (yang biasanya dinyatakan dalam prosentase) yang memperkirakan kapasitas baterai laptop yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Sebagai contoh, jika kapasitas maksimum laptop Anda untuk dijalankan 4 jam, dan saat ini hanya kuat digunakan untuk 3 jam saja, maka battery wearnya adalah (4-3)/4 x 100% = 25%.

Agar baterai laptop awet, minimumkan Battery Wear!Battery wear ini adalah salah satu indikator yang dikirimkan oleh battery-battery lithium (yang banyak digunakan oleh laptop modern saat ini) sehingga pemiliknya bisa mengetahui keadaan battery yang digunakan. Adapun sistem operasi seperti Microsoft Windows XP, Vista dan 7 sebenarnya sudah bisa menerima signal yang diberikan oleh battery-battery lithium tersebut tetapi tidak dimanfaatkan oleh sistem operasi ini.

Lalu, bagaimana untuk mendapatkan informasi ini?

Sudah banyak utiliti yang dibuat untuk menampilkan informasi ini, sehingga Anda bisa mengetahui kondisi baterai laptop Anda. Silahkan Anda cari melalui google. Saya sendiri menggunakan Battery Bar (yang tersedia dalam 2 versi, gratis dan PRO yang berbayar). Instalasi utiliti ini tidak sulit, sama dengan instalasi software-software pada umumnya.

Jika sudah terinstall, maka pada task bar Windows Anda akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Laptop ini masih menggunakan Windows XP (sudah berusia 3 tahun lebih).

Battery Wear untuk sebuah laptop yang dimunculkan dengan utiliti Battery Bar
Battery Wear untuk sebuah laptop yang dimunculkan dengan utiliti Battery Bar

Disana dikatakan bahwa kapasitas battery netbook tersebut sudah berkurang 12.3%. Sekarang hanya bisa dipakai hingga 3 jam 28 menit, dimana sebelumnya bisa digunakan hingga 4 jam. Silahkan install Battery Bar (atau software sejenis) untuk mengecek keadaan baterai laptop Anda.

Bagaimana meminimumkan angka battery wear?

Battery di laptop tidak didisain untuk tidak pernah mengalami pengurangan daya. Cepat atau lambat, kekuatannya akan berkurang dengan seiring penggunaan, sehingga Anda harus menggantinya. Akan tetapi, Anda bisa membuat baterai laptop Anda lebih awet lagi. Berikut 6 tipsnya:

  1. Sebelum mulai menggunakannya, pastikan Anda mengisi penuh dan menghabiskannya beberapa kali. Ini bisa dilakukan pada pekan-pekan pertama Anda menggunakan laptop dengan baterai tersebut. Dengan cara ini, seluruh kapasitas baterai akan bisa terisi dan digunakan sepenuhnya oleh laptop.
  2. Jika tidak digunakan dalam waktu lama (1 – 3 pekan misalnya), pastikan Anda melepas baterai dari laptop.
  3. Jangan meletakkan baterai di tempat-tempat panas. Ini sangat berpengaruh pada daya baterai.
  4. Gunakan UPS (sekaligus stabilizer) untuk mencharge baterai laptop. Ini dilakukan agar listrik yang masuk ke baterai lebih stabil.
  5. Sekali sebulan, habiskan kapasitas baterai agar baterai bisa diisi ulang dan digunakan secara penuh (isi baterai dikuras).
  6. Jangan terlalu lama menggunakan laptop (yang sudah terisi penuh baterainya) dengan menggunakan daya listrik. Jika ini tetap dilakukan, akan mengurangi umur baterai karena terlalu lama terkena charge dari listrik.

Agar Anda hemat menggunakan baterai laptop, Anda beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Sesuaikan brightness layar laptop Anda. Pastikan tidak terlalu terang. Layar laptop adalah komponen yang paling banyak menghabiskan daya baterai. Gunakan utiliti screen saver untuk lebih menghemat baterai.
  2. Jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan bersamaan, semakin besar daya baterai yang digunakan.

Di samping tips-tips diatas, jika dimungkinkan Anda memiliki baterai cadangan sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai pada waktu akses ke aliran listrik Anda terbatas.

Mudah-mudahan berguna.

Disarikan dari berbagai sumber di Internet
Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/AIguN via sms/twitter/facebook.
Muhamad Syukri
Muhamad Syukri adalah founder/pendiri dari situs web portal DurenSawit.com. Saat ini tinggal di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Misi: menjadikan website DurenSawit.com media komunitas online terbaik di Jakarta. Selain sebagai blogger, Muhamad Syukri juga aktif sebagai PNS di salah satu instansi pemerintah pusat di Jakarta. Untuk menghubungi, bisa mengirim email ke syukri [a] ymail.com atau twit ke @syukri
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top