You are here

Cinta Indonesia dengan Menggunakan Nama Domain .ID

Bangga pakai .ID (sumber: gentaweb.co.id)

Tanggal 17 April lalu, masa registrasi SUNRISE untuk pendaftaran nama-nama domain ANYTHING.ID telah ditutup. Berdasarkan Press Release yang dikeluarkan PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia), ada 815 nama domain berdasarkan nama merek yang sudah didaftarkan pada masa SUNRISE ini. Dan jika memenuhi syarat, maka mereka dapat menggunakan nama domain .ID sesuai dengan merek yang didaftarkan. Masa SUNRISE ini memang didisain untuk para pemegang merek-merek di Indonesia untuk mendaftarkan nama-nama domain .ID.

Apa itu Nama Domain?

Bangga pakai .ID (sumber: gentaweb.co.id)
Bangga pakai .ID (sumber: gentaweb.co.id)

Nama domain adalah pengenal/alamat untuk sebuah website/email/server. Seperti nama domain durensawit.com, adalah pengenal untuk situs web tercinta kita ini. Demikian juga dengan detik.com, google.com, kompas.com dan lain-lain. Selain menggunakan ekstension .com/.net/.org/.biz/.info dan sebagainya, nama domain ada yang menggunakan ekstension berdasar kode negara. Amerika menggunakan .US, Singapura .SG, Australia .AU, Inggris .UK, Indonesia menggunakan .ID dan sebagainya. Pengelolaan masing-masing ekstension negara itu dikelola oleh masing-masing negara.

PANDI adalah Pengelola Nama-nama Domain Indonesia. Sejauh ini mereka telah mengeluarkan nama-nama domain .co.id (utk perusahaan umum), .net.id (untuk provider internet), .or.id (untuk yayasan), .web.id (untuk perorangan) dan beberapa lainnya. Info lengkap tentang Third Level Domain ini bisa dicek di website PANDI.

Karena desakan komunitas, pada awal tahun ini PANDI mengeluarkan ekstension .ID (tanpa embel-embel co/web/or/net dan sebagainya), biasa disebut dengan ANYTHING.ID. Komunitas pengguna internet Indonesia berharap mendapatkan nama domain yang lebih pendek dan lebih cantik. Dengan domain ANYTHING.ID ini kita bisa mendapatkan nama-nama domain seperti USER.ID, GOOGLE.ID, SYUKRI.ID dan sebagainya. Komunitas juga meminta persyaratan yang sangat mudah untuk pendaftaran nama domain ANYTHING.ID ini.

Apakah .ID cantik/bagus?

Seperti nomor HP cantik, banyak orang ingin menggunakan nama domain yang cantik. Makin cantik namanya, makan mahal harganya. Beberapa nama domain cantik yang terkenal seperti rumah.com, iklan.com, sex.com, indonesia.com dan masih sangat banyak lagi. Website ini juga menggunakan nama domain yang cantik, yakni durensawit.com (sesuai dengan nama daerah kita yang tercinta ini).

Apakah nama domain .ID cantik/bagus? Mungkin tergantung dari penilaian masing-masing. Ekstension berbasis kode negara ini kebanyakan digunakan sebagai nama domain plesetan dan URL Shortening. Untuk extension domain yang dikeluarkan oleh Negara Tonga, dengan ekstension .TO, bisa menjadi cantik jika nama domainnya SOEHAR.TO, HARYAN.TO (untuk nama orang). Untuk extension negara Libya, .LY, telah digunakan oleh BIT.LY. Untuk ekstension .CO (yang dikelola oleh Colombia), digunakan oleh t.co (Twitter). Detik.com juga memanfaatkan .tk (dari negara Tokelau) untuk domain de.tk (untuk short URL yang digunakan untuk memforward alamat/URL berita melalui twitter/SMS, sehingga lebih praktis).

Khusus untuk .ID, nama domain yang paling HOT saat ini adalah ANDRO.ID. Siapa yang tidak kenal Android? Berdasarkan berita yang kami terima nama domain ini telah dibeli oleh Andy Hidayat dari PT Wellgrow Investment yang mengajukan penawaran Rp 14 juta. Hingga saat tulisan ini dibuat, pihak PANDI belum memberitahu atas merek apa domain ANDRO.ID tersebut didaftarkan. Selain itu ada juga JOKOWI.ID yang sepertinya digunakan oleh Tim Pemenangan Capres Joko Widodo.

Sedangkan nama domain .ID lain yang sempat membuat geger adalah TOTO.ID, yang didaftarkan oleh PT. SURYA TOTO INDONESIA (produsen keramik TOTO). Nama domain ini konon dibeli dengan harga Rp. 57 juta. beberapa nama domain yang menurut saya bagus yang sudah didaftarkan di masa sunrise ini adalah: USER.ID, IKLAN.ID. Untuk nama-nama domain yang lain, kebanyakan berupa merek yang diambil dari nama produk, jadi tidak terlalu catchy.

Minat untuk mendaftarkan juga?

Mulai 21 April hari ini, PANDI telah membuka pendaftaran nama domain .ID gelombang kedua, yang dinamakan dengan GRANDFATHER Period. Pada masa ini, hanya pengguna yang sudah memiliki nama domain co.id/web.id/net.id/or.id/biz.id dan seterusnya yang berhak mendaftar. Jadi, jika Anda saat ini memiliki nama domain misalnya abcdef.web.id, maka Anda berhak mendaftarkan abcdef.id.

Jika Anda belum memiliki nama domain .ID sebelumnya, maka Anda harus menunggu periode LANDRUSH yang diadakan 16 Juni – 16 Agustus 2014. Pada masa ini hanya orang Indonesia yang berhak mendaftarkan nama domain .ID. Sedangkan mulai 17 Agustus 2014, domain .ID ini akan dibuka untuk umum. Siapapun boleh daftar. Termasuk pihak asing. Persyaratannya pun sangat mudah. Hanya dengan KTP Indonesia yang masih berlaku.

Jika memang berminat, segera lah daftarkan nama domain yang Anda minati di website DOMAIN.ID. Siapa yang cepat dialah yang mendapatkan nama domain yang diinginkan. Satu nama domain hanya bisa bisa dipakai oleh satu website.

Untuk website ini, saya belum berminat mendaftarkan DURENSAWIT.ID saat ini. Entah di masa depan. Kenapa? Di samping harganya yang agak relatif mahal Rp. 550.000 pertahun (dibandingkan dengan .COM yang hanya skitar Rp. 110.000/tahun), domain tersebut belum terlihat bagus bagi saya. Tapi, sebagai informasi, website DURENSAWIT.COM ini sebenarnya juga bisa diakses dengan alamat http://drsw.it. Saya sengaja mendaftarkan nama domain drsw.it tersebut sebagai SHORT URL sehingga lebih pendek dan lebih mudah digunakan di twitter. DRSW.IT itu saya ambil dari kata DURENSAWIT. DOT IT adalah ekstension untuk nama domain di Italia.

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/C800X via sms/twitter/facebook.
Muhamad Syukri
Muhamad Syukri adalah founder/pendiri dari situs web portal DurenSawit.com. Saat ini tinggal di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Misi: menjadikan website DurenSawit.com media komunitas online terbaik di Jakarta. Selain sebagai blogger, Muhamad Syukri juga aktif sebagai PNS di salah satu instansi pemerintah pusat di Jakarta. Untuk menghubungi, bisa mengirim email ke syukri [a] ymail.com atau twit ke @syukri
http://www.durensawit.com/

2 thoughts on “Cinta Indonesia dengan Menggunakan Nama Domain .ID

  1. Ya saya juga sedikit agak skeptical dengan dot id, mereka memilih waktu yang salah untuk muncul dalam era ekstensi domain yang generik bermunculan spt .flights .sexy dll, dan perlu di ingat bahwa .id adalah Country Code TLD dan bukan generic TLD jadi sama dengan dot in atau dot us yang dimiliki USA sekalipun tidak bisa mendongkrak harga nya di pasar domain dunia.
    Jadi dot id masih patut di pertimbangkan khusus nya untuk invetasi, kalau untuk di kembangkan website nya mungkin akan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Top