You are here

Dropbox, mempermudah sinkronisasi file-file Anda

Sudah berapa kali Anda meninggalkan flashdisk di rumah sedangkan Anda butuh file laporan yang sudah disimpan di media tersebut? Atau, begitu Anda cek komputer di kantor, ternyata file yang Anda cari tidak ada? Setelah diingat-ingat, filenya ternyata ada di laptop yang sedang dibawa rekan Anda? Atau, malah Anda sering kehilangan file gara-gara hardisk komputer Anda rusak dan Anda harus rela kehilangan file-file penting?

Dropbox, mempermudah sinkronisasi file-file Anda di komputerKini, sudah ada solusi untuk hal-hal diatas.

Kini sudah tersedia layanan Dropbox. Melalui layanan ini, para penggunanya bisa menyimpan, melakukan sinkronisasi antar komputer dan berbagi dengan pengguna lainnya. Saat ini Dropbox memiliki layanan gratis (maksimum 2 GB) dan berbayar (maksimum 100GB space).

Bagaimana mekanismenya?

  • Misalkan Anda membuat sebuah file laporan keuangan akhir bulan di rumah. Karena Anda sudah menggunakan Dropbox, maka secara otomatis komputer Anda (melalui koneksi internet) melakukan sinkronisasi ke account Anda di server Dropbox. Dalam hal ini menambah file tersebut.
  • Ketika keesokan harinya Anda menyalakan komputer di kantor, secara otomatis komputer tersebut akan melakukan sinkronisasi terhadap account di Dropbox. Karena file laporan yang Anda buat belum ada di komputer kantor, maka secara otomatis dropbox akan menambahkan file tersebut ke komputer Anda.
  • Anda kemudian bisa melanjutkan pembuatan laporan keuangan menggunakan file yang sudah Anda buat di rumah.
  • Menarik bukan?

Selain itu, Anda bisa membuat sebuah folder di komputer Anda tersedia untuk para klien Anda tanpa mereka harus benar-benar masuk ke komputer Anda. Cukup buat satu folder khusus di komputer dan beritahu dropbox untuk melakukan sinkronisasi dan membiarkan rekan-rekan Anda mengakses folder di dropbox tersebut.

Seperti terlihat pada mekanisme diatas, dengan menggunakan layanan tersebut, Anda dapat

  • melakukan backup secara otomatis
  • melakukan sinkronisasi untuk semua file-file penting Anda ke seluruh komputer yang Anda gunakan
  • berbagi dengan pengguna lain dengan cara yang sangat aman dan praktis.

Tidak hanya itu, ada beberapa hal lain dropbox bisa digunakan untuk komputer dengan berbagai platform, yakni Windows, Linux dan Mac. Bahkan kini sudah ada dropbox versi Android, iPhone dan Blackberry.

Dropbox menggunakan teknologi khusus yang dikembangkan oleh Amazon dan Softlayer sehingga proses sinkronisasi akan berlangsung aman dan hemat bandwidth.

Dengan memiliki account di dropbox, kini saya bisa melakukan sinkronisasi untuk komputer desktop di kantor, komputer desktop di rumah dan laptop yang selalu saya bawa. Kini saya jarang menggunakan USB Flashdisk utnuk melakukan sinkronisasi file-file antar komputer.

Tertarik?

Segera kunjungi Dropbox dimana Anda akan diminta untuk melakukan download sebuah program kecil untuk diinstall di komputer Anda. Lakukan pendaftaran melalui program kecil tersebut dan set juga folder yang ingin disinkronisasi. Setelah itu, masukkan file-file penting Anda ke folder tersebut. Secara otomatis, Dropbox akan menyalin file-file tersebut ke account Anda di Dropbox.

Kemudian pada laptop Anda (atau pun komputer Anda yang lain), lakukan hal yang sama, hanya saja Anda tidak perlu daftar lagi, cukup menggunakan userid/password yang sudah buat sebelumnya. Setelah itu, secara otomatis, Dropbox akan menyalin file-file Anda ke folder (yang Anda set untuk sinkronisasi) di laptop. Simple kan?

Segera daftar di Dropbox dan dapatkan kemudahan sinkronisasi dengan gratis!.

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/1k2Ck via sms/twitter/facebook.
Muhamad Syukri
Muhamad Syukri adalah founder/pendiri dari situs web portal DurenSawit.com. Saat ini tinggal di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Misi: menjadikan website DurenSawit.com media komunitas online terbaik di Jakarta. Selain sebagai blogger, Muhamad Syukri juga aktif sebagai PNS di salah satu instansi pemerintah pusat di Jakarta. Untuk menghubungi, bisa mengirim email ke syukri [a] ymail.com atau twit ke @syukri
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top