You are here
Home > Berita

Jalur Khusus Pesepeda pun Terampas di BKT

Jalur Khusus Pesepeda pun Terampas di BKT

WARGA Jakarta, terutama pengguna sepeda, sempat memperoleh fasilitas dengan dengan pembangunan jalur khusus sepeda di tepi Kanal Banjir Timur (KBT).

Namun, jalur sepeda sepanjang 6,7 km itu kini tidak lagi khusus untuk mereka, sebab pedagang kaki lima (PKL) dan pengendara sepeda motor merebutnya.

Jalur sepeda yang diresmikan Joko Widodo ketika menjabat Gubernur DKI pada 2012 itu membentang dari Jalan Basuki Rahmat, Jakarta Timur, hingga perbatasan Bekasi.

Hanya beberapa saat setelah peresmian, pemadangan semrawut lebih kerap dijumpai di jalur tersebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memang sempat mengeluarkan kebijakan bahwa jalur khusus sepeda itu bisa dilintai sepeda motor pada Senin hingga Jumat, mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WIB.

Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di sepanjang Jalan Kolonel Sugiono hingga Jalan Basuki Rahmat.

Namun, pada Sabtu dan Minggu, kenyataannya masih banyak pengendara sepeda motor yang memanfaatkan jalur itu.

Bahkan, para PKL membuat jalur khusus sepeda itu berubah menjadi area transaksi jual beli aneka barang, sehingga pengguna sepeda tak lagi medapatkan hak mereka.

Seperti yang terpantau pada Minggu (17/7) pagi, para PKL menguasai jalur sepeda di tepian KBT dengan menggelar dagangan mereka di sana, tepatnya di ruas seberang Rumah Sakit Duren Sawit.

Adanya pengendara sepeda motor yang juga menggunakan jalur tersebut untuk memarkirkan kendaraan mereka membuat kondisi jalan makin semrawut.

Akibatnya, pengendara sepeda dan warga yang ingin berolah raga di jalan tersebut terganggu.

“Kami merasa terganggu, baru gowes sebentar sudah terhalang orang yang berjualan. Sepeda motor juga ikut menggunakan jalur ini. Kan bahaya, karena di jalur ini juga banyak anak,” kata Ayub, 35, warga Duren Sawit, yang tengah bersepeda di jalur itu.

Selain jalur khusus sepeda yang kini diserobot PKL dan pengendara sepeda motor, fasilitas lainnya seperti tempat parkir sepeda juga tidak terawat.

Tempat parkir sepeda penuh coretan dan besinya rapuh akibat berkarat.

Sumber: MediaIndonesia

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/pfmhw via sms/twitter/facebook.
Redaksi Duren Sawit
Tim Redaksi DurenSawit.com
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top