You are here

Jangan Buang Minyak Jelantah Anda! Kirim saja ke Pondok Bambu, Duren Sawit!

Limbah Minyak Jelantah saat ini di Jakarta

Anda tahu minyak jelantah? Ya, minyak jelantah adalah minyak goreng bekas pakai yang anda biasa gunakan untuk memasak tahu, tempe goreng, kerupuk, telor dadar, dan lainnya. Setelah dipakai untuk memasak, biasanya minyak jelantah tersebut dibuang ke tempat pencucian anda, lalu anda mulai membersihkan penggorengan anda.

Pernahkah anda memikirkan, kemana minyak jelantah tersebut selanjutnya? Minyak tersebut akan bercampur dengan perairan bebas seperti saluran air depan rumah anda, sungai, danau. Minyak jelantah tersebut akan mencemari perairan sekitar anda. Setiap 1 L minyak jelantah dapat mencemari 1.000.000 L air bersih. Data di jakarta menyebutkan bahwa 390.000 liter minyak jelantah terbuang setiap bulannya.

Bisa anda bayangkan berapa banyak air di perairan bebas yang tercemar karena jelantah tersebut?

Limbah Minyak Jelantah saat ini di Jakarta
Limbah Minyak Jelantah saat ini di Jakarta

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya ? Sederhana, KUMPULKAN MINYAK JELANTAH KITA DAN BERIKAN KE PERUSAHAAN BIODIESEL.

Minyak jelantah ternyata mempunyai kandungan trigliserida yang sangat tinggi. Trigliserida ini dapat diolah menjadi biodiesel melalui reaksi kimia trans estrifikasi. Biodiesel saat ini sedang berkembang pesat di indonesia. Biodiesel adalah bahan bakar mesin diesel yang berasal dari minyak tumbuhan dan hewan. Perkembangan pesat ini didorong oleh kebijakan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan penggunaan biofuel (biodiesel dan bioetanol) menjadi 5% dari total energi di Indonesia pada 2025.

Perusahaan BUMN pertamina juga menerapkan kebijakan menaikkan presentase biodiesel dalam produk biosolarnya, dari awalnya 15% (di tahun 2015) menjadi 20% (tahun 2016), yang tentu akan meningkatkan kebutuhan akan biodiesel. Dengan meningkatnya kebutuhan biodiesel, tentu permintaan akan minyak jelantah oleh perusahaan biodiesel sebagai bahan bakunya juga akan bertambah.

Pengolahan Minyak Jelantah menjadi Bahan Bakar Biodiesel
Pengolahan Minyak Jelantah menjadi Bahan Bakar Biodiesel

Di Jakarta, sudah ada satu pilot plant biodiesel di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kapasitasnya sekitar 50L per batch, atau sekitar 150L per hari. Jika anda berminat mengumpulkan jelantah anda dan memberikannya ke plant tersebut, anda bisa menghubungi tim ‘Jelantah Life’ +6285694140249 (Faris).

Tim ‘Jelantah Life’ berminat untuk membeli minyak jelantah anda dengan harga Rp 1000/L. Minyak jelantah yang dikumpulkan akan diolah menjadi biodiesel, bahan bakar diesel terbarukan.

Minyak jelantah yang biasa anda buang, kini bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Dengan mengumpulkan dan menjual jelantah anda kepada tim tersebut, anda juga telah berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan pengembangan energi terbarukan.

Untuk menjual jelantah anda kepada tim tersebut, Anda juga bisa langsung mendatangi tempat pengumpulan di daerah Wuluh Raya, Pondok Bambu.

Mari kita terus lestarikan lingkungan, juga meningkatkan penggunaan energi terbarukan. Karena kitalah yang bertugas menjaga kelestarian bumi ini sehingga bisa digunakan anak cucu kita di masa depan.

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/YR0T9 via sms/twitter/facebook.
Redaksi Duren Sawit
Tim Redaksi DurenSawit.com
http://www.durensawit.com/

5 thoughts on “Jangan Buang Minyak Jelantah Anda! Kirim saja ke Pondok Bambu, Duren Sawit!

Tinggalkan Balasan

Top