You are here
Home > Berita

Kanal Banjir Timur Jadi Tempat Wisata Olahraga Lari 5 Kilometer

Kanal Banjir Timur Jadi Tempat Wisata Olahraga Lari 5 Kilometer (Sumbner: Kompas.com)

Kanal Banjir Timur (KBT) Jakarta Timur menjadi tempat penyelenggaraan acara wisata olahraga lari gembira (fun run) BKT 5K Festival pada 27 September 2015. Acara ini diharapkan menginisiasi KBT menjadi obyek wisata, seperti olahraga, kuliner, dan area wisata sungai.

“Dari Kementerian Pariwisata, kami menyampaikan dukungan. Ini adalah sebuah terobosan untuk memanfaatkan Banjir Kanal Timur menjadi obyek wisata,” kata Kepala Bidang Promosi Wisata Buatan Kementerian Pariwisata Hendri Karnosa pada acara jumpa pers “Jakarta BKT 5K Festival: Menuju Wisata Sungai di Wilayah DKI Jakarta” di Balairung Soesilo Soedirman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Hendri menyebutkan, BKT 5K Festival ini merupakan penyelenggaraan acara lari pertama di daerah Kanal Banjir Timur. Ia mengatakan, Kanal Banjir Timur akan menjadi tempat acara olahraga beserta acara pendukung BKT 5K Festival. “Nanti ada juga stan bazar, kuliner juga. Pelari dan masyarakat bisa datang dan menikmati kuliner di sekitar BKT,” kata Hendri.

Presiden Director & CEO Inspiro Group Ndang Mawardi yang merupakan promotor acara BKT 5K Festival mengatakan, kegiatan ini diharapkan sebagai embrio untuk menjadikan Kanal Banjir Timur menjadi destinasi wisata.

Ia menjelaskan, warga Jakarta dapat melihat destinasi wisata air seperti sungai. “Misalnya di luar negeri, orang-orang bisa menikmati menyusuri sungai, bisa menemukan sentra kuliner atau tempat-tempat wisata,” ungkapnya.

Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Indonesia Fathul Bahri menambahkan, Kanal Banjir Timur adalah area atau sisi di Jakarta Timur yang cukup bagus untuk digunakan untuk olahraga lari. Ia pun sependapat dengan Ndang bahwa Kanal Banjir Timur cocok sebagai embrio acara lari di Jakarta. “Ini menjadi start awal, misalnya menjadi sertifikat sebelum mengikuti Jakarta Marathon. Ini usul saya,” kata Fathul.

BKT 5K Festival akan diselenggarakan dan dimulai di dekat Pintu Air KBT, Jalan Jenderal RS Soekanto, dengan jarak 5 kilometer. Kanal Banjir Timur memiliki panjang sejauh 23,5 kilometer dengan kedalaman antara 4-7 meter.

Sumber: Kompas.com

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/9o2IK via sms/twitter/facebook.
Redaksi Duren Sawit
Tim Redaksi DurenSawit.com
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top