You are here
Home > Berita

Khawatir Dampak Limbah Kimia Ilegal, Dokter Chek Up Murid TK Duren Sawit

Khawatir Dampak Limbah Kimia Ilegal, Dokter Chek Up Murid TK Duren Sawit

RMOL. Dokter Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, melakukan chek up terhadap 23 murid TK, yang berada dilokasi pembuangan limbah kimia ilegal di Duren Sawit, Jakarta Timur. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui gejala penyakit yang diderita murid-murid tersebut, akibat bau limbah zat kimia tersebut.

“Saat ini memang belum terlihat pengaruhnya kepada warga sekitar, namun jika bau gas limbah kimia ini sering dihirup lambat laun akan mengganggu pernafasan,” ujar Dokter Umum Puskesmas Duren Sawit, Tjahjo Nugroho, saat memeriksa kesehatan anak balita di sekolah TK. Sawitri, Rabu (6/5).

Menurutnya, pihak puskesmas terus memonitor perkembangan kesehatan warga RT.13 RW.02 Kelurahan Duren Sawit, sampai benar benar sumber bau limbah kimia tersebut dibersihkan.

“Bau gas limbah kimia ini tercium sampai jarak radius 500 meter, dan yang paling terasa menyengat pada saat malam hari sampai subuh,” ungkap Tjahjo.

Sementara itu, salah seorang warga sekitar, Mami supriadi mengaku, sangat terganggu dengan bau gas limbah kimia itu. Terutama untuk anak-anak. Mereka sangat tersiksa dengan bau limbah yang berasal dari tanah kosong, yang berada di samping Banjir Kanal Timur (KBT), dekat pemukiman mereka.

“Akibat bau limbah kimia ini, cucu saya tidak nafsu makan, malah sering muntah muntah karena bau yang sudah terlalu menyegat, sampai seminggu cucu saya dibawa kedokter agar mau makan dan tidak muntah lagi,” tutur Mami.

Menurutnya, masalah bau limbah ini sudah terjadi sejak sebulan yang lalu. Namun semua aparat baru datang setelah warga melaporkan kejadian ini.

Mami, berharap, aparat pemerintah agar segera menyelesaikan masalah ini, karena warga sudah sangat terganggu sekali dengan bau gas dari limbah kimia yang ada di lahan kosong samping KBT.

“Saya minta lokasi tersebut ditutup baik dari penimbunan sampah maupun limbah industry karena udara disekitar sini sudah tidak bersih lagi dengan keberadaan aktifitas tersebut,” pungkasnya. [zul]

Sumber: RMOL

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/ekU3K via sms/twitter/facebook.
Redaksi Duren Sawit
Tim Redaksi DurenSawit.com
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top