You are here

Menengok Bank Sampah Malaka Sari, Duren Sawit

Menengok Bank Sampah Malaka Sari, Duren Sawit

Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering seperti kertas, karton, kaleng, majalah, dan sampah plastik lainnya, yang berasal dari rumah untuk memaksimalkan partisipasi warga untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, dan menambah nilai ekonomi dari sampah.

Menengok Bank Sampah Malaka Sari, Duren SawitSebab, sampah tak selamanya sesuatu yang harus dibuang begitu saja. Kalau saja si pemiliknya pintar dalam memilah, maka sampah yang ada dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis.

Salah satu bank sampah yang ada di Jakarta adalah ‘Bank Sampah Malaka Sari’. Saat ini, bank sampah yang terletak di Jalan Delima III Nomor. 190 Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, telah menjadi percontohan dalam pengelolaan sampah baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Lantas, bagaimana proses terbentuknya bank sampah ini sampai meraih kesuksesan seperti itu?

Menurut Prakoso selaku encetus Jakarta Aksi Lingkungan Indah (Jali Two) Paguyuban Jakarta Timur mengatakan bahwa bank sampah ini sudah ada sejak tahun 2008. Waktu itu, jumlah nasabah yang menabung di bank sampah sangatlah sedikit, dapat dihitung dengan jari. Karena adanya publikasi dan sosialisasi yang dilakukan secara terus-menerus, maka lambat laun jumlah nasabah yang ada semakin bertambah.

Dua tahun berselang, di mana jumlah nasabah bank sampah sudah cukup banyak, Bank Sampah yang diprakasi Prakoso mendapatkan penghargaan dari Pemerintah dalam program ‘Jakarta, Green and Clean’.

“Di tahun itu bank sampah ini dinobatkan sebagai juara umum. Waktu itu diprakasai oleh salah satu perusahaan kenamaan di Indonesia,” kata Prakoso kepada Health Liputan6.com di Jakarta Timur, Jumat (21/2/2014)

Setelah dinyatakan sebagai pemenang, bank sampah yang ada di RW 03 itu mendapatkan bantuan berupa dibuatkan badan hukum dalam bentuk koperasi, yang merupakan program CSR dari perusahaan tersebut. Ide dari bank sampah saat itu adalah menyerap sampah di wilayah setempat, demi mengurangi pembuangan sampah di TPS.

Kendala dalam pengerjaannya

Dalam prosesnya, bank sampah ini juga memiliki cukup banyak kendala. Diakui Prakoso, masyarakat yang dulunya memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan, harus dilatih dan diberitahu untuk membuang sampah pada `tempatnya`.

Menengok Bank Sampah Malaka Sari, Duren SawitDengan adanya program bank sampah ini, maka Prakoso bersama tim secara terus menerus melakukan sosialisasi, sampai pada akhirnya masyarakat mulai terbuka dan terbiasa menyerahkan sampahnya ke bank sampah.

“Kami pun terus menerus melakukan pendampingan. Takutnya sampah-sampah yang ada malah tercampur lagi,” kata Prakoso menjelaskan.

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/NpqKu via sms/twitter/facebook.
Redaksi Duren Sawit
Tim Redaksi DurenSawit.com
http://www.durensawit.com/

One thought on “Menengok Bank Sampah Malaka Sari, Duren Sawit

Tinggalkan Balasan

Top