You are here

Mengapa Mall Klender Angker?

Plaza Yogya setelah terbakar

Bagi Anda yang kebetulan lahir setelah tahun 1995 mungkin bingung, mengapa Mall Klender yang ada di Jalan I Gusti Ngurah Rai adalah salah satu tempat yang angker di Jakarta. Apalagi dua pekan lagi, ada film horor yang berjudul Mall Klender yang akan ditayangkan di bioskop-bioskop.

Kerusuhan Mei 1998

Salah satu kerusuhan tahun 1998, antara mahasiswa UI dan polisi
Salah satu kerusuhan tahun 1998, antara mahasiswa UI dan polisi

Berawal dari kerusuhan di bulan Mei 1998 yang terjadi di banyak tempat di Indonesia, dimana dimulai pertengahan tahun 1997, terjadi krisis keuangan di banyak negara Asia termasuk Indonesia. Pada waktu itu, karena nilai tukar dollar Amerika terhadap rupiah sangat tinggi (mencapai Rp. 17.000 per 1 US Dollar), maka harga barang-barang kebutuhan menjadi sangat tinggi. Tidak hanya itu, karena nilai Rupiah sangat rendah, berakibat inflasi sangat tinggi, sehingga kenaikan harga barang sangat cepat. Selain itu berakibat banyak perusahaan yang terpaksa memPHK para pegawainya. Dan ini memperburuk kehidupan di Indonesia. Demonstrasi terhadap pemerintah pun merebak dimana-mana.

Akhirnya pada tanggal 13 Mei 1998, terjadi kerusuhan di banyak kota-kota besar. Toko-toko, mall, dan pusat perbelanjaan dijarah oleh orang-orang yang menderita dan tidak bertanggung jawbab. Bank-bank dirampok. Bahkan terjadi penindasan terhadap etnis minoritas yang kebetulan memiliki uang banyak.

Tanggal 15 Mei 1998

Salah satu mall yang dijarah adalah Mall Klender yang dulunya bernama Yogya Plaza Klender. Aparat keamanan sudah tidak mampu lagi membendung massa yang memaksa masuk ke Mall dan mengambil barang-barang yang ada. Peristiwa ini banyak dicatat oleh media berita di Indonesia. Mungkin karena sudah tidak sanggup lagi, akhirnya aparat keamanan membiarkan mall tersebut dijarah. Dan ternyata ada pihak yang tidak bertanggung jawab, yang kemudian membakar mall tersebut dari luar pada saat banyak orang berada di dalam mall tersebut. Akhirnya mall pun terbakar besar dan menjebak banyak orang di dalamnya. Keesokan harinya, setelah api berhasil dipadamkan, ternyata ditemukan banyak sekali mayat-mayat yang terbakar/terpanggang di dalam sisa gedung mall tersebut. Ada yang menyebutkan hingga 118 orang tewas di dalamnya. Banyak keluarga yang kehilangan anggotanya akibat kejadian tersebut.

Beberapa hari setelah kejadian tersebut, mulai beredar kisah-kisah menyeramkan seputar mall tersebut. Ada yang mengatakan bertemu dengan hantu-hantu bermuka hitam legam. Ada juga yang mendengar jeritan-jeritan minta tolong ataupun berteriak ketakutan. Apalagi gedung mall tersebut dibiarkan beberapa tahun tidak digunakan lagi.

Beberapa foto-foto seputar pembakaran Yogya Mall Klender yang berhasil kami kumpulkan di internet adalah:

Plaza Yogya setelah terbakar
Plaza Yogya setelah terbakar
Sisa Plaza Yogya setelah terbakar
Sisa Plaza Yogya setelah terbakar

>>>> Ke halaman selanjutnya >>>>

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/dM2Mc via sms/twitter/facebook.
Muhamad Syukri
Muhamad Syukri adalah founder/pendiri dari situs web portal DurenSawit.com. Saat ini tinggal di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Misi: menjadikan website DurenSawit.com media komunitas online terbaik di Jakarta. Selain sebagai blogger, Muhamad Syukri juga aktif sebagai PNS di salah satu instansi pemerintah pusat di Jakarta. Untuk menghubungi, bisa mengirim email ke syukri [a] ymail.com atau twit ke @syukri
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top