You are here

Musim hujan segera tiba, bagaimana persiapan Anda?

Musim hujan segera tiba, bagaimana persiapan Anda?

Musim hujan sebentar lagi menghampiri kita, bahkan selama beberapa hari belakangan langit sudah mulai mendung (walaupun jika siang hari panas), bahkan di beberapa tempat di Duren Sawit sudah mulai turun hujan. Bagaimana persiapan Anda menghadapi musim hujan?

Berdasarkan pengalaman, beberapa wilayah Kecamatan Duren Sawit mengalami kebanjiran selama musim hujan lalu, seperti sebagian Pondok Bambu, dan Duren Sawit. Tidak hanya itu, jalan-jalan menjadi macet karena banjir ataupun genangan air. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan bersama untuk menyambut musim hujan agar rutinitas dan kehidupan kita tetap normal.

1. Cek genteng rumah dan atap bangunan rumah Anda. Sepanjang musim panas kemarin, karena terlalu sering terkena panas, genteng dan atap bisa bocor/pecah. Karena jarang terkena air, kita tidak tahu apakah tidak ada kebocoran karena kerusakan yang dialami. Ada baiknya Anda cek genteng/atap rumah dari kemungkinan bocor. Sering kali di atap bangunan Anda juga banyak terjadi penumpukan sampah yang harus segera dibersihkan agar air hujan tidak tersumbat.

2. Di bagian bawah, seperti got ataupun saluran air di sekitar rumah harus segera dibersihkan. Di musim panas, sampah sering terlupakan, terutama di tempat-tempat tersembunyi seperti got ataupun selokan. Menjelang musim hujan ini, sudah saatnya kita bersihkan sehingga tidak merepotkan di kala hujan karena bisa menyumbat jalannya air.

3. Musim peralihan ini seringkali membuat badan lebih mudah terkena penyakit. Oleh karena itu siapkan obat sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa obat diantaranya, obat panas, pilek, madu, dan vitamin-vitamin.

4. Dimana payung Anda? Pastikan payung-payung tidak ada yang rusak, dan sediakan di tempat yang mudah dijangkau. Demikian juga dengan jas hujan.

5. Bagi yang punya dan menggunakan sepeda motor, pastikan jas/mantel hujan Anda masih baik. Untuk yang naik mobil, pastikan wiper kaca depan masih bagus. Demikian juga dengan rem, mesin, AC dan ban kendaraan Anda, pastikan siap untuk digunakan selama musim hujan.

6. Persiapkan penerangan darurat seperti lampu emergency karena musim hujan berpotensi mati listrik. Walaupun kutrang disarankan, Anda bisa juga mempersiapkan lilin dan korek api untuk penerangan darurat.

Selamat bersiap-siap!

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...

Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/hUInq via sms/twitter/facebook.

Tinggalkan Balasan

Top