You are here
Home > Berita

Perpustakaan Terpadu Berbasis TI Dibangun di Pondok Bambu

Perpustakaan Terpadu Berbasis TI Dibangun di Pondok Bambu

Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur akan membangun perpustakaan terpadu berbasis teknologi informasi (TI) dan pusat data. Rencananya perpustakaan ini menggunakan bekas kantor Kelurahan Pondok Bambu, di Jalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Duren Sawit.

Kasudin Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur, Fadlan Zurhan mengatakan, perpustakaan terpadu berbasis TI dan pusat data sangat diperlukan untuk mendorong minat baca warga.

“Dalam perpustakaan terpadu itu ada buku-buku, internet. Komputer yang ada dilengkapi dengan aplikasi berbagai program,” kata Fadlan, Jumat (24/3).

Beberapa aplikasi program yang ada dalam komputer itu di antaranya adalah i-Jakarta, Indonesia One Search, yakni aplikasi untuk mencari buku-buku digital yang ada di Indonesia. Selain itu juga disiapkan aplikasi yang berfungsi untuk mengetahui jumlah pengunjungnya.

Lurah Pondok Bambu, Syahrul Munir mengatakan, saat ini bekas kantor kelurahan sudah diperbaiki. Bahkan siap digunakan untuk perpustakaan terpadu. Sejumlah rak buku, meja, kursi juga telah tersedia.

“Bekas kantor kelurahan sudah kita lay out, ditata rapih dan siap jadi perpustakaan terpadu. Konsepnya semacam kafe atau taman bacaan. Ada ruang membaca dilengkapi AC, sofa, kursi dan out door,” kata Syahrul.

Pihaknya optimis jika sudah diresmikan menjadi perpustakaan terpadu maka akan ramai dikunjungi. Selain berada di permukiman warga, lokasinya juga strategis. Sehingga mudah dijangkau masyarakat sekitar, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Sumber: BeritaJakarta

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/Oh3IV via sms/twitter/facebook.
Redaksi Duren Sawit
Tim Redaksi DurenSawit.com
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top