You are here

Rutan yang terkenal gara-gara penghuninya

Salah satu pintu gerbang Rutan Pondok Bambu

Salah satu tempat yang paling terkenal di Duren Sawit adalah Rumah Tahanan Pondok Bambu.  Seiring dengan banyaknya kasus korupsi yang sedang disidangkan atau yang sudah diputuskan pengadilan, nama Rumah Tahanan Pondok Bambu semakin terkenal. Mengapa? Karena cukup banyak tersangka dan terdakwa yang ditahan di rutan ini. Dari artis-artis terkenal hingga para pejabat ataupun selebritis yang harus menginap di hotel prodeo, makin banyak orang/wartawan yang mengetahui dan mengunjungi rutan ini.

Salah satu pintu gerbang Rutan Pondok Bambu
Salah satu pintu gerbang Rutan Pondok Bambu

Rutan Pondok Bambu adalah salah satu rutan yang ada di Jakarta Timur. Rutan ini bertipe Kelas IIA, yang berarti kapasitasnya 500 hingga 1500 orang. Rutan Pondok Bambu sendiri didirikan pada tahun 1974 oleh Pemerintah DKI Jakarta. Pada awal berdirinya, rutan ini ditujukan bagi para pelanggar Peraturan Daerah (PERDA) seperti tuna susila, tuna wisma, gelandangan, dan pengemis. Dengan luas ±14.586 m², rutan ini dilengkapi dengan bangunan perkantoran, perumahan dinas, lima blok hunian, satu blok karantina, dan satu blok isolasi.

Sesuai dengan perkembangan jaman, dimana makin banyak membutuhkan rumah tahanan, pada tanggal 20/09/1985, rutan ini dialihfungsikan sebagai Rumah Tahanan Negara Klas IIA Jakarta Timur yang memiliki kapasitas hunian 504 orang. Pada perkembangan berikutnya, Gedung Blok E, rutan ini direnovasi dan ditingkatkan kapasitas hingga menjadi 619 orang. Adapun cakupannya meluas, tidak hanya Jakarta Timur, tetapi juga meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, hingga Bekasi dan Cikarang.

Penghuni rutan ini umumnya adalah wanita dan anak-anak pria/wanita di bawah 18 tahun. Pada Juli 2013 lalu, diketahui daya tampung rutan ini sudah overloaded, karena pada tahun 2013 lalu, jumlah tahanan riil yang ada hingga 1024 orang, dan ini berarti adalah kelebihan 405 orang.

Yang membuat Rutan Pondok Bambu Terkenal

Ruta Pondok Bambu menjadi terkenal karena banyak sekali berita-berita korupsi ataupun kejadian kejahatan yang disidang di pengadilan melibatkan selebriti, artis dan pejabat-pejabat wanita. Beberapa orang terkenal yang telah dan sedang menghuni rutan ini diantaranya:

  • Andi Soraya (artis)
  • Iyut Bing Slamet (artis)
  • Jennifer Dunn (artis)
  • Sheila Marcia Joseph (artis)
  • Ratu Felisha (artis)
  • Melinda Dee (bankir di Citibank)
  • Cynthiara Alona (artis)
  • Lidya Pratiwi (artis)
  • Julia Perez (artis)
  • Angelina Sondakh (Anggota DPR)
  • Dewi Perssik (artis)
  • Ratu Atut Chosiyah (Gubernur Propinsi Banten)

Banyak pemberitaan di media massa yang meliput kasus-kasus mereka, sehingga mau tidak mau menyebut nama Rutan Pondok Bambu, karena mereka itu ditahan di sana.

Kejadian Unik

Karena rutan ini dihuni oleh banyak orang kaya harta, maka seringkali menjadi pusat perhatian karena dikunjungi oleh orang-orang dengan mobil-mobil mewah. Belum lagi banyaknya pejabat yang datang ke sana untuk menjenguk rekan mereka yang ditahan.

Bahkan pernah ada peristiwa dimana, pada waktu rutan ini terkena banjir (karena memang beberapa daerah di Pondok Bambu ada di daerah banjir, termasuk rutan ini), mobil-mobil mewah tersebut terpaksa menerjang banjir, sedangkan penumpangnya terlihat bingung untuk melewati banjir pada waktu ingin masuk ke dalam hutan.

Mobil mewah yang menerobos banjir di Ruta Pondok Bambu
Mobil mewah yang menerobos banjir di Ruta Pondok Bambu

Salah satu tahanan terkenal lainnya di rutan ini adalah Artalyta Suryani (Ayin). Tahanan ini tertangkap basah mendapatkan fasilitas mewah di kamar tahanannya. Padahal seharusnya tahanan tidak harus mendapatkan perlakukan sama dan tidak mendapatkan fasilitas mewah seperti HP, televisi, kasur empuk, fasilitas karaoke dan kamar pribadi.

Pernah datang ke rutan ini? Silahkan share pengalaman Anda disini! Jika Anda pernah ditahan disana, boleh juga bercerita di sini. 🙂

* Disarikan dari berbagai sumber.

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/B4MQb via sms/twitter/facebook.
Muhamad Syukri
Muhamad Syukri adalah founder/pendiri dari situs web portal DurenSawit.com. Saat ini tinggal di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Misi: menjadikan website DurenSawit.com media komunitas online terbaik di Jakarta. Selain sebagai blogger, Muhamad Syukri juga aktif sebagai PNS di salah satu instansi pemerintah pusat di Jakarta. Untuk menghubungi, bisa mengirim email ke syukri [a] ymail.com atau twit ke @syukri
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top