You are here
Home > Kesehatan

Timun Suri, Buah Bermanfaat Tapi Makin Kurang Populer…

Timun Suri

Anda tahu Buah Timun Suri? Di pinggiran Jakarta, buah ini masih menjadi salah satu buah favorit untuk disajikan pada waktu berbuka puasa. Buah ini menjadi bahan utama untuk membuat minuman es campur untuk berbuka puasa. Akan tetapi, saat ini kepopulerannya mulai menurun karena kaum muda tidak termasuk yang menyukainya.

Ciri-ciri timun suri (latin: Curcumis Lativus) yaitu buahnya berbentuk lonjong dengan warna kulit kuning dan halus. Buah timun suri mempunyai tekstur yang mudah rusak ketika matang, mempunyai aroma yang harum dengan daging buah bercitarasa manis serta miliki kadar air yang cukup tinggi sehingga bisa menambah kesegaran dan pelepas dahaga.

Selain menjadi buah yang menyegarkan, timun suri juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, di antaranya:

1. Mengandung vitamin A dan antioksidan

Timun suri mengandung banyak vitamin A, yang baik bagi kesehatan mata. Kandungan anti oksidan yang tinggi pada timun suri juga baik untuk kesehatan yaitu sebagai pencegah penuaan dini.

2. Mencegah flu dan infeksi

Kandungan vitamin C di dalam timun suri bisa mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi. Hal ini disebabkan karena sifat vitamin C yang berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi.

3. Glukosa dan fluktosa yang baik bagi tubuh

Karena ini adalah gula yang mudah larut di dalam tubuh dengan cepat, jadi kita akan dengan segera mendapatkan tambahan energi setelah mengonsumsi timun suri.

4. Menghilangkan racun di dalam tubuh

Kadar air dalam buah timun suri yang sangat tinggi, yaitu sekitar 90 persen membuat kita lancar dalam buang air kecil. Ini bisa bermanfaat membuang racun yang ada di dalam tubuh dan menetralkan tubuh dari racun. Artinya, timun suri membantu detoksikasi di dalam tubuh kita.

5. Mengandung asam linoleat

Asam linoleat pada timun suri berfungsi sebagai antioksidan dan mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan lemak.

6. Anti kanker

kandungan senyawa saponin pada timun suri bisa mencegah sakit kanker, dan timun suri juga memiliki manfaat sebagai menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh kita. Artinya, timun suri sangat baik untuk di konsumsi.

Tertarik Membuat Minuman Timun Suri?

Es Timun Suri Susu
Es Timun Suri Susu

Belum pernah menikmati Es Timun Suri? Berikut disajikan Resep Membuat Es Timun Suri Susu yang sangat mudah (diambil dari resep disini)

Bahan:

100 gr timun suri matang, potong kasar
2 sdm manisan kolang-kaling
2 sdm cincau hitam, potong dadu
2 sdm sari kelapa
2 sdm kerokan kelapa muda
1 buah alpukat
2 buah stroberi
Es serut secukupnya
2 sdm sirup coco pandan
4 sdm susu kental manis

Cara membuat:

Pertama, campurkan semua bahan dalam mangkuk saji. Setelah itu, tuangkan sirup ke dalamnya dan tambahkan pula susu dan es serut. Aduk merata dan es timun suri susu pun siap untuk dihidangkan.

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/xYoFF via sms/twitter/facebook.
Muhamad Syukri
Muhamad Syukri adalah founder/pendiri dari situs web portal DurenSawit.com. Saat ini tinggal di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Misi: menjadikan website DurenSawit.com media komunitas online terbaik di Jakarta. Selain sebagai blogger, Muhamad Syukri juga aktif sebagai PNS di salah satu instansi pemerintah pusat di Jakarta. Untuk menghubungi, bisa mengirim email ke syukri [a] ymail.com atau twit ke @syukri
http://www.durensawit.com/

One thought on “Timun Suri, Buah Bermanfaat Tapi Makin Kurang Populer…

Tinggalkan Balasan

Top