You are here
Home > Kesehatan

Tips Menyimpan Madu

Kita semua sudah mengenal bahwa madu mengandung banyak sekali zat-zat yang berguna untuk tubuh manusia. Tahukah Anda bahwa madu bisa bertahan sangat lama? Bahkan menurut Wikipedia, pernah ditemukan peninggalan madu (dari Mesir) yang telah berusia 5000 tahun dalam kondisi baik? Subhanallah! Secara umum, penyimpanan madu tidaklah sukar dan tidak mahal. Beberapa tips penyimpanan madu, diantaranya:

Tips Menyimpan Madu1. Simpan Madu di tempat kering

Suhu ideal penyimpanan madu adalah 10 hingga 27 derajat celcius. Pastikan bahwa ruangan dimana madu disimpan tidak lembab. Madu tidak boleh disimpan di dalam kulkas karena madu bersifat hidrokopis yang akan menyerap air di sekitarnya. Akibatnya madu bisa mengalami fermentasi sehingga menghasilkan alkohol. Tidak hanya itu, unsur-unsur berguna dari madu seperti enzim bisa ikut rusak.

2. Jangan menggunakan wadah plastik/logam.

Wadah ideal untuk penyimpana madu adalah toples kaca yang ditutup rapat. Sentuhan madu dengan plastik/logam akan membuat asam pada madu bereaksi dengan plastik/logamnya.
Madu harus pula ditutup rapat agar madu tidak menyerap uap air dari lingkungan sehingga kandungan air madu yang hanya 10% – 20% tidak bertambah lagi.
Jika dimungkinkan, Anda menyimpan madu dalam wadah kaca (seperti toples yang ditutup rapat). Akan lebih baik lagi jika toplesnya menggunakan warna gelap (tidak tembus pandang) agar tidak banyak menerima sinar matahari.

3. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Sama dengan beberapa jenis makanan/obat, hindarkan madu dari cahaya panas matahari langsung. Apalagi dalam waktu lama. Ini untuk mencegah rusaknya enzim dan zat-zat lain yang tersimpan dalam madu.

 

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/ynHjQ via sms/twitter/facebook.

Tinggalkan Balasan

Top