You are here
Home > Berita

Warga Duren Sawit Keluhkan Bau Limbah Dekat KBT

Warga Duren Sawit Keluhkan Bau Limbah Dekat KBT

JAKARTA, KOMPAS.com – Bau menyengat yang berasal dari sebuah lahan kosong, dekat Kanal Banjir Timur (KBT), di RT 13 RW 02, Duren Sawit, Jakarta Timur, mengusik warga setempat. Bau ini dicurigai sebagai limbah buangan.

Warga setempat, Yanita (31) mengatakan, bau menyengat ini mulai muncul di kawasan tersebut beberapa minggu belakangan. “Baunya sudah dua mingggu, sebelumnya enggak ada,” kata Yanita, Selasa (5/5/2015).

Yanita mengatakan, lokasi munculnya bau menyengat itu sebelumnya dipakai untuk membakar sampah. Menurut dia, warga sudah pernah mengeluhkan masalah ini. Namun, polusi udara sebelumnya berupa bau pembakaran sampah.

Sekarang baunya seperti zat kimia. “Sampai dua minggu ini, tersebar bau freon. Sebelumnya bau pembakaran,” ujar Yanita.

Permasalahan ini sudah dilaporkan ke tingkat kecamatan. Yanita bahkan pernah melaporkan masalah ini ke Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melalui SMS. Akhirnya, kasus ini ditangani oleh pihak Kecamatan Duren Sawit.

Yanita yang memiliki anak berusia 3 tahun itu merasa terganggu dengan bau menyengat tersebut. Bahkan, anaknya menunjukkan gejala gangguan pernafasan akibat bau ini. “Anak ku juga muntah-muntah. Cucu tetangga saya di sini juga sampai diungsikan ke rumah saudara,” ujarnya.

Tak tahan dengan bau tersebut, kasus ini sudah dilaporkan warga ke kepolisian. Polisi disebut sudah memeriksa dan tengah mencari siapa yang membuang limbah berbau tak sedap tersebut

Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Husein Murad mengatakan, lahan tempat munculnya bau menyengat itu kerap jadi tempat pembuangan sampah dan gubuk liar. Sehingga, hal itu mengganggu lingkungan dan menyebabkan suasana kotor.

“Ini sedang diselidiki, siapa pelakunya masih diselidik ke polisi karena warga sudah lapor. Nanti akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” ujar Husein.

Sumber: Kompas.com

Berikut video tentang hal ini seperti terekam di BeritaJakarta.com

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/pLFPC via sms/twitter/facebook.
Muhamad Syukri
Muhamad Syukri adalah founder/pendiri dari situs web portal DurenSawit.com. Saat ini tinggal di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Misi: menjadikan website DurenSawit.com media komunitas online terbaik di Jakarta. Selain sebagai blogger, Muhamad Syukri juga aktif sebagai PNS di salah satu instansi pemerintah pusat di Jakarta. Untuk menghubungi, bisa mengirim email ke syukri [a] ymail.com atau twit ke @syukri
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top