You are here

Waspadai Begal, Hati-hati! Duren Sawit termasuk Rawan Pembegalan

Waspadai Begal, Hati-hati Duren Sawit termasuk Rawan pembegalan

Beberapa pekan ini, berita pembegalan kendaraan, terutama kendaraan roda 2, sangat marak. Ternyata dari berita-berita tersebut, di Kecamatan Duren Sawit terdapat beberapa daerah rawan pembegalan. Pembegalan ini sangat berbahaya karena pelakunya tidak segan-segan untuk melukai bahkan membunuh pengguna sepeda motor yang menjadi korbannya.

Biasanya para pembegal mengincar kendaraan yang melewati daerah-daerah sepi pada waktu malam hari. Dearah-daerah sepi di Duren Sawit ini diantaranya:

  • Sepanjang Halur Inspeksi Banjir Kanal Timur (BKT)
  • Fly Over Buaran
  • Jalan I Gusti Ngurah Rai ruas Pondok Kopi
  • Sepanjang Jalan Kali Malang

Bila Anda harus melewati daerah-daerah sepi tersebut, lebih baik menghindari jam 10 malam hingga 05 pagi. Sebagai tindakan preventif, jangan lalui daerah tersebut. Menurut berita-berita yang beredar, sudah banyak terjadi pembegalan di daerah-daerah tersebut.

Apa itu Begal?

Begal, sebenarnya sudah ada sejak lama. Pembegalan ini, sebelumnya marak terjadi di Lampung. Pelaku begal biasanya bersembunyi di hutan atau jalanan sepi. Mereka membawa senjata ringan, seperti pedang, badik, celurit, pistol AK-47, M16 dan pistol lainnya. Ketika kendaraan sepeda motor atau mobil lewat kemudian pelaku keluar dan menyetopnya. Mereka kemudian memaksa mengambil harta benda yang ada. Tidak segan-segan pula mereka menghabisi nyawa pengemudi kendaraan tersebut. Jadi, persis seperti permainan Ci Luk Ba!, tapi setelah pelaku muncul, akan diikuti peristiwa kejahatan.

Bagaimana Cara Mengenalinya?

Biasanya kelompok begal ini akan menyewa rumah/kost di sekitar daerah sasaran mereka. Di tempat mereka itu, biasanya akan datang silih berganti orang-orang yang muda (biasanya laki-laki) menggunakan sepeda motor. Orang-orang ini bukan penduduk sekitar, tetapi dari tempat-tempat lain. Kelompok penyewa ini, biasanya tidak bercampur baur dengan masyarakat sekitar. Kalau ada pun ada, sangat sedikit.

Untuk itu, kita semua, termasuk Pengurus RT dan RW harus mewaspadai hal-hal seperti diatas. Jika perlu, laporkan ke perangkat kelurahan setempat atau polisi terdekat jika menemukannya. Berikut nomor-nomor telepon Polisi di Kecamatan Duren Sawit:

  • Polda Metro Jaya Telepon: 021-570-9261
  • Pengaduan Polisi Telepon: 110
  • Polres Jakarta Timur Telepon: 021-819-1478
  • Polsek Duren Sawit Telepon: 021-8616138
  • Pos Polisi Klender Telepon: 021-8660-7887
  • Pos Polisi Terminal Klender Telepon: 021-8607264
  • Pos Polisi Pondok Kelapa Telepon: 021-865-5151

Jika Tidak Urgen, Jangan Keluar Malam Hari

Dengan pembakaran pelaku begal di Tangerang beberapa waktu lalu, pelaku begal sepertinya malah semakin menjadi-jadi. Tidak hanya sepeda motor, bahkan sudah ada yang mencoba merampas kendaraan roda empat. Oleh karena itu, sebagai tindakan prventif, jangan melakukan perjalanan dengan kendaraan melalui daerah-daerah sepi, terutama di malam hari. Anda dapat pula mempersiapkan peralatan untuk melawan mereka, seperti penyemprot nyamuk, penyemprot merica dan sebagainya. Tapi, jangan membawa senjata tajam/api karena bisa kena razia oleh polisi.

WASPADALAH!

Update (02 Maret 2015):
Telah terjadi pembegalan terhadap pengendara mobil di kecamatan Duren Sawit. Mohon tingkatkan kewaspadaan. Berikut tweet yang kami terima dari salah satu teman kita:

Pembegalan di DurenSawit
Tweet tentang Pembegalan di DurenSawit
Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...
Silahkan share/bagi URL singkat halaman ini: http://drsw.it/9kJcW via sms/twitter/facebook.
Redaksi Duren Sawit
Tim Redaksi DurenSawit.com
http://www.durensawit.com/

Tinggalkan Balasan

Top