Jembatan Jl Bojong Indah I Nyaris Roboh Roboh

Akibat penyangga longsor tergerus air, jembatan yang berlokasi di RT 07/06 Jalan Bojong Indah I, Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, nyaris roboh dan membahayakan pengguna jalan.

Sekretaris RT 07, Indra Suwitno mengatakan, jembatan dengan panjang 11 meter dan lebar empat meter yang membelah Kali Jati Kramat itu mengalami tanda-tanda akan roboh sejak dua tahun lalu, lantaran penyangga jembatan tergerus derasnya banjir besar beberapa tahun silam.

“Itu sudah hampir dua tahunan. Waktu banjir besar air meluap sampai sejajar jembatan. Mungkin karena terkikis penyangganya longsor. Parahnya tiga bulan belakangan ini. Makanya akses untuk mobil lewat ditutup, karena membahayakan, takutnya nggak kuat menahan beban,” kata Indra, Senin (5/10).

Dikatakan Indra, pihak RT, RW dan Lembaga Musyarawah Kelurahan (LMK) sudah melaporkan kondisi jembatan ke pihak kelurahan untuk ditindaklanjuti. Bahkan, dari pihak terkait dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota sempat meninjau lokasi jembatan.

“Pengurus RW sudah pernah ketemu langsung dengan aparat tingkat kelurahan, kecamatan dan kota ketika meninjau lokasi. Terakhir empat bulan yang lalu, sebenarnya tinggal menunggu perbaikannya saja,” ungkap Indra.

Lurah Pondok Kelapa, Siska Leonita membenarkan, kondisi jembatan sudah rusak sejak lama. Pihaknya juga sudah membuat surat dan melakukan peninjuan pada bulan Maret lalu.

“Penyebabnya memang karena sudah lama, mungkin usia. Cuma proses perbaikannya harus lelang, sudah buat surat dan tinjau dari Suku Dinas Bina Marga, tinggal proses perbaikannya,” jelas Siska.

Sumber: BeritaJakarta

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...

About The Author

Reply