Ribut Masalah Sampah, Seorang Ibu di Duren Sawit Jadi Tersangka

JAKARTA, KOMPAS.com — Gara-gara ribut masalah sampah, Yayan Nurhayati (43), warga Jalan Kecubung 3 Nomor 26 Duren Sawit, Jakarta Timur, meringkuk di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Kasus ini dipicu oleh keributan antara Yayan dan tetangganya, Yusninan (45), tentang sampah yang dibuang di rumah Yusninan.

Ribut Masalah Sampah, Seorang Ibu di Duren Sawit Jadi TersangkaDodi Apriadi (34), adik Yayan, menyesalkan penahanan tersebut. Kakaknya dituduh oleh Yusninan, yang rumahnya persis di sisi kanan tempat tinggalnya tersebut. “Kakak saya dituduh buang sampah dan memukul, padahal itu enggak benar. Sekarang malah dipenjara,” kata Dodi saat ditemui di tempat tinggal Yayan, Rabu (8/1/2014) siang.

Dodi mengatakan, peristiwa tersebut berawal pada 1 Juli 2013. Saat itu Yusninan memarahi Yayan karena ada sampah di halaman rumahnya. Ia menuduh Yayan yang membuang sampah tersebut. Menurut Dodi, pelapor menghina keluarganya dan mengungkit tindakan yang pernah dilakukan mendiang ibu Yayan.

Pada 2 Juli 2013, tiba-tiba datang surat panggilan dari Polsek Metro Duren Sawit untuk Yayan, suami Yayan bernama Syamsul (43), dan tetangganya bernama Suryanah, yang akan dimintai keterangan. Surat panggilan pun berlanjut hingga yang kedua dan ketiga atas laporan penganiayaan yang dituduhkan oleh Yusninan terhadap Yayan.

Dodi menuturkan, waktu itu sudah dilakukan mediasi oleh pengurus RT dan disarankan agar masalah diselesaikan secara kekeluargaan. “Tapi Ibu Yusninan malah menolak dan bilang tidak mau berdamai sebelum kakak saya masuk penjara,” kata Dodi.

Pada 30 Desember 2013, tiba-tiba datang surat panggilan dari Polsek Metro Duren Sawit yang menetapkan Yayan sebagai tersangka. Sepekan kemudian, Senin (6/1/2014), Yayan dijemput anggota Polsek Metro Duren Sawit dan diantarkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. Setelah empat jam diperiksa, Yayan langsung ditahan di Rutan Pondok Bambu.

Sumber: Kompas.com

Bingung mau kirim sama apa? Klik disini untuk mendapatkan ide...

About The Author

Reply